Memahami fungsi motherboard dan setiap bagiannya

Memahami fungsi motherboard dan setiap bagiannya

Posted on

Sebelumnya kita sudah membahas secara singkat komponen-komponen perangkat keras sebuah CPU (Central Processing Unit), kali ini kita akan membahas lebih mendalam di tornekformayor.com tentang pengertian motherboard dari sebuah CPU dan penjelasan fungsinya.

Motherboard untuk CPU komputer datang dalam berbagai jenis dan jenis yang berbeda tergantung pada kebutuhan kita, apakah itu untuk kantor tempat kita hanya mengerjakan laporan dan dokumen, apakah itu untuk server, desain, atau game.

Memahami motherboard

Motherboard, atau kadang disebut dengan Mobo, Mainboard adalah papan sirkuit tercetak (PCB) yang di dalamnya dipasang berbagai komponen yang diperlukan untuk menghidupkan komputer. Motherboard memiliki sambungan listrik atau bus yang dapat dihubungkan dengan perangkat eksternal.

Jika prosesor adalah otak dari komputer, maka motherboard ini adalah keyboard, mouse, drive DVD, prosesor, vga, kartu lan, kartu suara, RAM, BIOS, SATA, port USB, dll.

Fitur motherboard CPU

Fungsi utama motherboard ini bisa dikatakan sebagai penghubung atau sistem yang terintegrasi dengan perangkat keras dan komponen penting lainnya. Juga, pelajari cara kerja motherboard Anda untuk pemahaman yang lebih dalam.

Tentunya motherboard ini memiliki banyak fitur, karena masing-masing komponen yang terhubung memiliki fungsi berbeda sebagai penghubung berbagai perangkat keras dan komponen penting. Masing-masing bagian dan fungsi motherboard adalah sebagai berikut.

nama bagian motherboard:

soket CPU

Bagian pertama adalah tempat/soket untuk menghubungkan prosesor. Ada dua jenis soket CPU (soket prosesor) yang sering digunakan: ZIF dan LIF.

  • Zero Insertion Force (ZIF) adalah jenis soket modern.
  • Low Insertion Force (LIF) adalah soket yang sudah ketinggalan zaman.

Lalu ada istilah lain “soket A”. Istilah ini digunakan untuk prosesor bermerek AMD.

BIOS (Sistem Input/Output Dasar)

BIOS adalah program utama yang digunakan oleh motherboard dan sistem operasi yang diinstal. Program BIOS ini disimpan dalam ROM (Read Only Memory) yang berfungsi sebagai pengontrol/komponen perangkat keras yang terhubung ke motherboard dan dapat diaktifkan dan dioperasikan sesuai fungsinya.

Pengendali Jembatan Utara

Berikut adalah kontroler North Bridge dengan kemampuan untuk menghubungkan antara slot RAM, slot AGP dan soket CPU. Lokasi NBC sangat dekat dengan soket prosesor dan North Bridge adalah salah satu bagian terpenting dari sistem.

Pengendali Jembatan Selatan

South Bridge Controller juga merupakan bagian penting dari motherboard. Fungsi South Bridge adalah untuk mengatur pengoperasian perangkat eksternal atau komponen komputer seperti BIOS ROM, USB, keyboard, IDE controller, mouse, modem, LAN, dll.

slot ram

Seperti namanya, slot RAM ini digunakan untuk memasang RAM. Seperti namanya, saat ini tersedia banyak jenis RAM untuk motherboard seperti DDR, DDR2, DDR3 dan DDR4. Jadi, jika Anda ingin menambahkan RAM ke komputer Anda, ada baiknya untuk mengetahui jenis RAM apa yang Anda gunakan.

slot PCI

Slot Peripheral Component Interconnect (PCI) ini adalah tempat Anda memasang kartu tambahan seperti LAN, sound, dan TV tuner.

slot AGP

Slot Accelerated Graphics Port (AGP) adalah tempat Anda memasukkan kartu AGP/VGA card yang fungsinya untuk menampilkan grafik di layar komputer Anda. Lokasinya dekat dengan slot PCI dan hampir sama, sehingga sulit untuk membedakannya.

Slot IDE dan SATA

Integrated Device Electronic (IDE) berguna untuk mendukung perangkat hard disk atau floppy disk. Sedangkan Serial Advance Technology Attachment (SATA) berfungsi sebagai konektor Serial ATA. Jika motherboard tipe lama masih hanya menggunakan satu slot, model baru sekarang menggunakan keduanya.

CMOS (Semikonduktor Oksida Logam Pelengkap)

CMOS adalah baterai yang digunakan untuk memberi daya pada memori motherboard, yang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan konfigurasi.

Sumber Daya listrik

Merupakan pin yang berfungsi untuk menghubungkan motherboard dengan sumber listrik atau ke tempat yang mensuplai daya untuk mensuplai arus agar CPU dapat diaktifkan. Ada dua jenis catu daya: AT dan ATX.

  • Tipe AT dilengkapi dengan dua kabel catu daya.
  • Untuk tipe ATX, terdiri dari satu kabel daya yang dipasang di header. Jenis catu daya ATX ini paling banyak digunakan pada motherboard model baru.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan fungsi bagian atau perangkat eksternal yang terpasang pada motherboard. Kami harap informasi ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Motherboard dan Fitur Foto –