Apa perbedaan antara printer Deskjet, Inkjet, Laserjet dan LED?

Apa perbedaan antara printer Deskjet, Inkjet, Laserjet dan LED?

Posted on

Printer saat ini menjadi salah satu perangkat yang paling dibutuhkan jika Anda ingin mencetak dokumen di kantor, sekolah, kampus, atau di rumah. Dan sekarang tentunya sudah terlalu banyak jenis dan fitur printer yang didukung dengan teknologi terkini. Nah, pada artikel kali ini tornekformayor.com akan mengulas tentang jenis-jenis printer seperti perbedaan Deskjet, Inkjet dan Laserjet.

Mereka yang ingin memiliki unit printer perlu memahami terlebih dahulu berbagai jenis printer yang tersedia di toko, dan lebih memahami kebutuhan mereka. Atau Anda bisa membaca artikel kami Tips Memilih Printer Terbaik Tahun 2020.

3 jenis printer yang perlu Anda ketahui

Seperti judul di atas, ada tiga jenis printer yang menggunakan teknologi yang berbeda, jika Anda membacanya, Anda dapat dengan jelas memahami perbedaannya, tetapi jelas berbeda. . Bagi yang belum tahu apa yang membedakannya, berikut jenis-jenis printernya:

Printer Deskjet dan Inkjet

Printer deskjet dan inkjet sebenarnya memiliki unit kerja yang sama. Artinya, sama-sama menggunakan tinta dasar dan menggunakan cartridge. Lantas, apa sebenarnya perbedaan dari kedua jenis printer ini? Sebenarnya kedua jenis ini sama, namun produk printer yang dikeluarkan oleh HP (Hewlett-Packard) menyebut mereka printer tinta Deskjet dan Office Jet Tangki tinta 1 Badan printer.

Nah, nama InkJet lebih banyak digunakan oleh printer Canon, Epson, dan Brother. Jadi perbedaannya adalah saat memasang IV pada printer jenis ini. Pada printer deskjet sistem tintanya hanya tersedot saat mencetak, sedangkan pada printer jenis inkjet proses aliran tinta lebih cepat saat dibersihkan.

Sumber: britannica.com

Sistem yang bekerja pada printer deskjet sangat berbeda dengan printer laserjet atau printer LED. Ketika printer deskjet mencetak dokumen, print head (cartridge) bergerak dan digerakkan oleh roller untuk menyemprotkan tinta ke kertas yang masuk.

Kualitas hasil cetakan sangat memuaskan, namun tergantung dari jenis printer yang Anda gunakan, dan pada umumnya semakin mahal harga printer maka semakin tinggi kualitas cetaknya. Atau, Anda juga dapat memeriksa nama dan jenis printer itu sendiri. Hasil cetakan tentu membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering dibandingkan hasil cetakan dari printer laserjet.

printer laserjet

Printer Laserjet ini menggunakan teknologi laser untuk mencetak dokumen dan mencetak dengan sangat baik atau lebih cepat jika dibandingkan dengan printer Deskjet. Sistem elektrostatik yang digunakan oleh Laserjet untuk melakukan pekerjaan cetak.

Drum Fotoreseptor adalah bagian dari printer yang menerima muatan positif melalui Primary Charging Roller (PCR). Printer kemudian menggunakan cermin printer sebagai media pemantul cahaya untuk memancarkan cahaya sehingga membentuk hasil. Kertas sesuai dengan pencetakan printer. Sinar laser dimatikan jika ada ruang kosong selama proses.

Printer LaserJet beroperasi dengan prinsip elektrostatik. Bagian dari printer yang disebut Drum Fotoreseptor bermuatan positif oleh Primary Charging Roller (PCR), dan printer menggunakan cermin di dalam printer sebagai media pemantul cahaya untuk menyinari drum fotoreseptor untuk membentuk drum fotoreseptor. Titik yang membuat teks atau gambar. Laser ini dimatikan ketika halaman kertas bekas memiliki area kosong untuk dicetak.

pencetak LED

Meskipun printer LED adalah teknologi terbaru dalam unit printer, mereka sebenarnya bekerja dengan cara yang hampir sama seperti laserjet. Yang membedakan printer LED dengan laserjet adalah sistem operasinya. Jika laserjet memantulkan cahaya pada cermin untuk proses pencetakan, printer LED melakukan proses pencetakan melalui semacam dioda yang memancarkan cahaya, sehingga teks/gambar dapat dicetak/dicetak pada kertas yang dicetak.

Ini semua perbedaan antara laserjet inkjet Deskjet dan LED, semoga membantu mereka yang mencari informasi tentang perbedaan dan bingung. Anda dapat mengingat hal ini saat membeli unit printer, karena printer inkjet dapat menjadi pilihan utama Anda untuk digunakan di rumah, seperti mencetak tugas sekolah atau pekerjaan yang jarang dilakukan. Harganya relatif lebih murah dibandingkan laserjet atau LED. Namun, jika Anda banyak mencetak atau membutuhkan printer yang Anda gunakan setiap hari, Anda dapat memilih jenis LaserJet atau LED.

Deskjet vs Inkjeksi – Perbedaan Antara Inkjet dan Deskjet –